Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemda Kembangkan Potensi Wisata Alam di Kawasan Hutan

  • Oleh Donny Damara
  • 17 Desember 2022 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah medorong pemda baik itu provinsi, kabupaten dan kota agar dapat mengembangkan potensi wisata alam yang ada di kawasan hutan Kalimantan Tengah ini.

Wisata alam di kawasan hutan itu biasanya bisa disebut dengan taman hutan raya (tahura). Ia menilai, di setiap daerah provinsi ini memiliki potensi akan hal itu, sehingga menurutnya perlu dikembangkan karena kedepan bisa memberikan dampak positif bagi daerah.

"Salah satu dampak positifnya yakni bisa menjadi tujuan wisata baru dan meningkatkan PAD. Kita melihat di Kalteng ini banyak potensi untuk mengembangkan wisata alam di kawasan hutan atau tahura," ucapnya, Sabtu, 17 Desember 2022.

Dia mengatakan untuk mengembangkan potensi itu atau merealisasikannya pemda dapat memanfaatkan dana bagi hasil sumber daya alam kehutan dan dana reboisasi (DBH-DR) melalui program strategis peningkatan daya tarik destinasi wisata.

Diungkapkannya, Kalteng harus bisa mencontohkan Provinsi Kalsel dalam upaya mengembangkan potensi tersebut, seperti mengembangkan tahura Sultan Adam yang ada. Di mana dalam mengembangkan tahura itu Kalsel memanfaatkan DBH-DR.

"Saat komisi II reses ke Kalsel dan mengunjungi tahura Suldam Adam, kita melihat tahura itu memiliki prosfek menarik dan mampu menjadi salah satu sumber pendapatan daerah Provinsi Kalsel. Karena memang mereka optimal dalam memperhatikan tahura tersebut," tuturnya.

Ia menjelaskan, provinsi Kalsel dalam memperhatikan tahura itu baik penringkatan sarana dan prasarananya menguncurkan dana besar, namun timbal baliknya mereka juga mendapatkan tambahan PAD di mana pada tahun 2022 ini mereka mendapatkan sekitar Rp 4 miliar dari tahura Sultan Adam tersebut.

"Inilah kenapa kita mendorong pemda di Kalteng ini agar dapat melakukan hal yang sama dengan Kalsel. Karena memang banyak dampak positif yang akan didapatkan dadi situ terutama peningkatan PAD," tukasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru