Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Kinerja, ASN Harus Ditempatkan Sesuai Bidang Keahliannya

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Desember 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka untuk memaksimalkan kinerja pegawai pemerintahan, Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengatakan para ASN harus ditempatkan sesuai dengan bidang keahliannya.

Ia menyebut, salah satu faktor penghambat pelayanan atau kinerja pemerintahan di suatu instansi, itu dikarenakan masih banyak ASN yang ditempatkan tidak sesuai dengan bidang keahliannya, sehingga kinerja tidak optimal dalam menjalankan berbagai program.

"Menempatkan ASN sesuai bidang keahliannya, itu akan dapat mengoptimalisasi kinerja pemerintah, baik dalam pelayanan kepada masyarakat maupun menjalankan program-progran pro rakyat," ucapnya, Minggu, 18 Desember 2022.

Ia menerangkan, agar penempatan komposisi ASN sesuai bidang keahlian dapat dilakukan dengan optimal utamanya di Kalteng, maka daerah ini perlu ada aturan khusus yang mengatur hal itu yakni berupa peraturan daerah (perda) atau peraturan gubernur (pergub)

Diungkapkannya bahwa seperti halnya Provinsi Bali, daerah tersebut sudah memiliki perda atau pergub untuk mengatur komposisi penempatan ASN sesuai bidangnya, sehingga kinerja pegawai di instansi pemerintahan dalam menjalankan program-program yang ada berjalan maksimal.

"Belum lama ini kami melaksanakan kunjungan kerja ke Bali, informasi yang kami dapatkan provinsi itu sudah memiliki aturan terkait penempatan ASN sesuai bidangnya. Ini perlu menjadi contoh bagi Kalteng untuk menerapkan hal yang sama," tuturnya.

Menurutnya, keberadaan perda atau pergub tersebut bisa menjadi refrensi bagi Kalteng agar seluruh ASN yang ada di provinsi ini dapat menjalankan kinerja yang baik dan maksimal apabila ditempatkan sesuai dengan keahliannya. Dan program pemprov pun akan lebih terarah.

"Harapan kita Kalteng bisa memikirkan untuk membuat perda atau pergub yang mengatur hal itu kedepan. Tentu kinerja maksimal dari para ASN terutama kepala SOPD sangat diharapkan dalam menjalankan program pemerintahan apabila ditempatkan sesuai bidang keahliannya," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru