Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Desa Terima Penghargaan Penyerapan Dana Desa Tercepat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Desember 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Tiga desa menerima penghargaan sebagai desa dengan penyerapan Dana Desa atau DD tercepat tahun 2022 dari 100 desa yang mendapatkan penyaluran DD di Kabupaten Barito Timur. Peringkat I diraih oleh Desa Bagok di Kecamatan Benua Lima serta peringkat II dan III diraih oleh Desa Malintut dan Desa Puri di Kecamatan Raren Batuah.

Penyerahan piagam penghargaan dilakukan secara bergantian untuk setiap peringkat oleh Bupati Barito Timur, Wakil Bupati Barito Timur serta Perwira Penghubung Kodim 1012 Buntok pada saat Apel Gabungan Peringatan Hari Bela Negara ke-74, Senin, 19 Desember 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Sosial atau DOMDSos Barito Timur, Barnusa yang dimintai penjelasan usai mengikuti apel tersebut mengatakan, Barito Timur menjadi pioner dalam kecepatan penyerahan DD di wilayah daerah aliran sungai atau DAS Barito yang terdiri dari 4 kabupaten.

"Ini adalah hasil dari kepedulian dan kecepatan dari pemerintah desa maupun kecamatan dalam bekerja," ucap Barnusa.

Dia juga mengapresiasi pencapaian Desa Bagok yang kades perempuan dalam meraih peringkat I. Menurut Barnusa pencapaian tersebut menjadi bukti partisipasi dan emansipasi wanita.

Karena itu dia ingin ke depan muncul kades-kades perempuan yang dapat membawa yang turut berperan memajukan desa-desa yang ada di Barito Timur.

"Saya berharap nanti pemilihan kades di Barito Timur bisa bisa ada keterwakilan perempuan 30 persen atau 30 orang kades perempuan," ujarnya.

Barnusa juga berpesan agar pemerintah desa bukan hanya mengejar penyerapan anggaran namun betul-betul harus memahami tujuan penggunaan anggaran tersebut sehingga memberikan hasil dan manfaat yang jelas bagi pembangunan di desa.

"Jadi pemanfaatan penggunaan APBDes itu ke depannya betul-betul direncanakan secara skala prioritas," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru