Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Buka Rakor TP2DD dan ETPD, Ini Pesannya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Desember 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas membuka rapat koordinasi atau rakor Tim Percetan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD dan Sosialisasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah atau RTPD di aula Bappelitbang, Selasa, 20 Desember 2022.

Bupati Sakariyas mengatakan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 3 Tahun 2021 tentang satuan tugas percepatan dzn perluasan digitalisasi daerah pada 4 Maret 2021, pembentukan TP2 DD provinsj dan kabupaten/kota dilakukan paling lambat  satu tahun terhitung sejak Keputusan Presiden tersebut ditetapkan.

Ia mengatakan, transformasj digital di sektor pemerintah atau yang biasa dikenal elektronifikasi transaksi pemda atau ETP diyakini dapat memberikan berbagai dampak positif.

Di antaranya adalah transparansi dan akuntabilitas tata kelola pemeintahan, keamanan dan kenyamanan dalam brrtansaksi bagi masyarakat, serta menjaga resiliensi perolehan PAD dan belanja pemerintah daerah, baik dalam kondisi pertumbuhan ekonomi normal maupun kontraksi seperti pada situasi pandemi yang saat ini masih dirasakan dampaknya.

Sakariyas menuturkan dalam pelaksanaan transformasi digital pembayaran dan inmplementasi elektroniifikasi transaksi pemerintah daerah atau ETPP diperkukan sinergi yang berkesinambungan bersama dengan Bank Indonesia, bank daerah, bank BUMN, pemerintah daerah, instansi vertikal, asosiasi, akademisi, pelaku usaha dan masyarakat diyakini dapat mendorong tranformasi digital Kabupaten Katingan ke arah yang lebih baik.

"Saya merasa optimistis bahwa dengan telah terbentuknya dan terlaksana rapat koordinasi TP2DD Kabupaten Katingan dapat mempererat koordinasi dan sinergitas dalam melakukan langkah-langkah penyelesaian hambatan dan permasalahan pelaksanazn ETP dan segera menyusun rencana aksi serta strategi dan rekomedasi kebijakan terkait ETPD," imbuh Bupati Katingan, Sakariyas. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru