Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerataan Tenaga Kesehatan di Kalteng Perlu Jadi Perhatian Pemda

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Desember 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan pemerataan tenaga kesehatan di Kalteng perlu menjadi perhatian pemda baik provinsi, kabupaten dan kota.

Ia mengungkapkan khususnya di Kalteng hingga sekarang ini penyebaran tenaga kesehatan masih belum merata, terutama di wilayah pedesaan banyak yang belum ada tenaga kesehatan yang bertugas.

"Keberadaan tenaga kesehatan ini penting bagi masyarakat khususnya di wilayah pedesaan, tapi masih ada saja desa yang belum memiliki tenaga kesehatan. Ini perlu jadi perhatian pemda," ujarnya, Jumat, 23 Desember 2022.

Dijelaskannya, tenaga kesehatan menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan yang harus dapat dipenuhi oleh pemerintah, sebab apabila suatu desa tidak memiliki tenaga kesehatan maka hal itu sangat berpengaruh terhadap pelayanan bagi masyarakat.

"Apalagi bagi desa yang jauh dari pusat layanan kesehatan itu sangat dibutuhkan, ketika ada yang sakit dan membutuhkan pengobatan segera, tidak perlu menunggu apabila ada tenaga kesehatan di desa itu," jelasnya.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di wilayah pelosok pemda perlu memikirkan solusi, sebab selama ini banyak tenaga kesehatan yang enggan bertugas dipelosok karena berbagai alasan.

"Banyak alasan tenaga kesehatan tidak mau bertugas dipelosok seperti akses yang jauh, tidak adanya listrik, jaringan telekomunikasi, dan lain-lain. Ini perlu dipikirkan solusinya seperti apa agar semua dapat dipenuhi," tuturnya.

Dirinya berharap, kedepan keberadaan tenaga kesehatan di Kalteng ini bisa tersebar merata sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatakan pelayanan kesehatan dan tidak perlu jauh-jauh lagi ke pusat layanan kesehatan yang ada di wilayah kecamatan maupun perkotaan.

"Memenuhi berbagai kebutuhan tenaga kesehatan dipelosok, saya rasa menjadi salah satu solusi dalam upaya pemerataan tenaga kesehatan di Kalteng ini. Harapan kita kedepan, itu dapat direalisasi dan tidak ada lagi desa yang tidak memiliki tenaga kesehatan," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru