Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penderita AIDS di Bumi Saraba Kawa terus Meningkat

  • 16 Februari 2016 - 20:11 WIB

Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, terus bertambah hingga mencapai 70 orang yang terdeteksi sejak 2007 hingga saat ini.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Taufik di Tanjung, Senin mengatakan awal tahun ini terdeteksi tiga penderita HIV/AIDS di kabupaten paling utara Provinsi Kalsel ini.

'Kasus HIV/AIDS di Tabalong memang sudah cukup mengkhawatirkan mengingat jumlah penderitanya yang terus bertambah hingga mencapai 70 orang dan kondisi ini perlu menjadi perhatian serius pemerintah daerah maupun masyarakat,' ungkap Taufik.

Taufik khawatir penderita penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh akan terus bertambah jika tidak ditangani melalui program strategi oleh stakeholder terkait maupun masyarakat.

Ironisnya, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Tabalong yang dibentuk 2012 hingga saat ini diakui Taufik tugas dan fungsi komisi ini belum optimal padahal Satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD) juga punya peran dalam penanggulangan penyakit ini.

'Sebenarnya Komisi Penanggulangan Aids berperan memperlancar tugas dan fungsi menangkal serta menanggulangi penyakit menular ini namun faktanya keberadaan KPA di Tabalong masih belum optimal sementara angka penderita HIV/AIDS terus bertambah,' jelas Taufik.

Peran SKPD dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS diantaranya memasukkan kurikulum pendidikan terkait penyakit ini di sekolah umum, pesantren maupun sekolah agama serta pendidikan konseling untuk guru BP. (ANT/B-12)

Berita Terbaru