Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akibat Tersus dan TUKS Penanganan Kerusakan Jalan Telaga Baru Tidak Maksimal

  • 16 Februari 2016 - 20:24 WIB

Kerusakan jalan di Desa Telaga Baru, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang tidak bisa dilaksanakan secara maksimal karena adanya terminal khusus (Tersus) dan terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) di jalan desa itu. Hal itu terungkap saat Ketua Komisi IV DPRD Kotim Jainudin Karim didampingi anggotanya Darmawati meninjau langsung kerusakan jalan di desa tersebut, Selasa (16/2/2016).

"Kerusakan jalan di Desa Telaga Baru waktu pembahasan Komisi IV dengan mitra kerja Dinas PU (Pekerjaan Umum) dialokasikan anggaran sebesar Rp900 juta. Dinas PU informasinya sudah menyiapkan lelang sekitar April nanti tetapi anggaran itu memang masih kecil dibandingkan kerusakan jalan yang ada di sana. Namun bisa membantu titik-titik kerusakan dengan perbaikan agregat," kata Jainudin.

Menurut Politisi Partai Gerindra itu, kekurangan anggaran bakal dicarikan solusi bersama antara Dinas PU dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo). Selain itu, Komisi IV juga akan berusaha mencari kucuran dana APBN. "Tetapi masih ada permasalahan di jalan Desa Telaga Baru itu yakni adanya terminal khusus dan terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS)," ungkap dia.

Jika terminal itu bisa ditertibkan, kata Jainudian, pihaknya yakin anggaran dari pusat akan bisa turun untuk penanganan kerusakan jalan di desa tersebut. Pasalnya, kendala kucuran dana dari pusat dan provinsi memang hanya karena persoalan terminal khusus dan TUKS itu. "Kalau perizinan lainnya jelas, anggaran dari daerah dan pusat juga mudah turun karena peruntukan jalannya jelas," tegas dia.

Sedangkan tindakan warga yang menutup jalan karena kesal dengan kerusakan yang disebabkan angkutan bermuatan berat, Jainudin menganggap itu wajar dan tidak bisa menyalahkan warga. Pasalnya, mereka tidak mengetahui aturan penggunaan jalan.

"Mereka menutup jalan karena ingin jalan mereka bagus, apalagi jalan ini berada di kecamatan kota. Inilah ang harus menjadi perhatian bersama DPRD dan instansi terkait bagaimana mengatasi persoalan kerusakan jalan di sana." (RF/B-8)

Berita Terbaru