Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudparpora Barito Timur Harap Objek Wisata Danau Dayu Dikelola dengan Baik

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Januari 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga atau Disbudparpora Kabupaten Barito Timur berharap objek wisata Danau Dayu yang baru dibuka dapat dikelola dengan baik sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun lingkungan sekitar.

"Pengelolaan pariwisata oleh pemerintah desa bersama dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) harus selalu memperhatikan keindahan, kebersihan dan kelestarian alam sekitar baik flora maupun faunanya sehingga hadirnya suatu destinasi wisata dapat mewujudkan keberpihakan kita pada alam dan rasa syukur akan indahnya ciptaan Tuhan,"  ujar Kepala Disbudparpora Barito Timur Herawani melalui Kabid Pariwisata, Limer, Senin, 2 Januari 2023.

Dia juga meminta agar pengelola objek wisata Danau Dayu selalu bekerja sama dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM setempat sehingga ada simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan antara pengelola wisata dan pelaku UMKM.

"Karena tidak ada objek wisata yang dapat berkembang pesat kalau tidak  bersinergi dengan UMKM," tegasnya.

Limer juga menyampaikan strategi dalam mensiasati persaingan usaha di bidang pariwisata yang mulai berkembang di Barito Timur. Dia menyarankan pengelola tempat wisata agar bersaing secara sehat diantaranya dengan mulai memikirkan sistem tematik atau  ikon khusus yang menjadi ciri khas dan data tarik masing-masing objek wisata.

Pencanangan objek wisata Danau Dayu dilakukan pada perayaan tahun baru, Minggu kemarin. Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh.

Acara tersebut dibanjiri pengunjung yang dimanjakan  dengan hiburan yang melibatkan artis lokal  Barito Timur dan susur danau dengan perahu mesin yang sudah disiapkan panitia pelaksana.

Objek wisata yang terletak di Desa Dayu Kecamatan Karusen Janang itu dapat menjadi alternatif pilihan tempat wisata bersama keluarga karena memiliki daya tarik yang khas dibandingkan objek wisata lain yang ada di Barito Timur.  (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru