Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Bantu Biayai Anak Putus Sekolah

  • Oleh Noor Annisa
  • 03 Januari 2023 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur sesuai dengan amanat undang-undang bahwa anak wajib belajar selama 12 tahun, yakni sejak jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), pemerintah setempat membantu membiayai seorang anak yang diketahui putus sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Susuawati usai mendampingi Bupati Kotim, Halikinnor saat berkunjung ke kediaman anak tersebut mengatakan, pendidikan jenjang SD sampai dengan SMP menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten. Untuk itu, pemerintah daerah berkesempatan mengunjungi langsung salah satu warga yang informasinya putus sekolah dan tidak bisa melanjutkan ke jenjang SMP.

"Sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan SDM yang unggul dan kompetitif pak Bupati tidak menginginkan putra daerah yang masih dalam usia wajib belajar tidak bisa melanjutkan pendidikan. Makanya beliau hari ini mengunjungi langsung salah satu warga kita yang informasi diterima beliau putus sekolah dan tidak bisa melanjutkan ke SMP," jelas Susi, Selasa, 3 Januari 2023.

Selanjutnya, Susi mengatakan pemerintah daerah dalam hal ini menyegerakan agar tahun ajaran 2022/2023 putra dari Hendra tersebut bisa melanjutkan lagi pendidikannya yang semuanya akan dibiayai oleh pemerintah dan secara administrasi berada di Disdik Kotim.

Sementara itu, Hendra, ayah dari sang anak mengaku karena keterbatasan ekonomilah yang membuat anaknya tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, meskipun anaknya yang merupakan lulusan dari SDN 3 Baamang Tengah ini secara prestasi bisa dikatakan baik. 

"Terkendala ekonomi jadi tidak bisa melanjutkan sekolah, kalau prestasi alhamdulillah membanggakan orang nilainya tinggi," ujarnya.

Hendra juga mengaku senang sudah diperhatikan dan dikunjungi langsung oleh orang nomor satu di Kotim tersebut, dirinyapun mendoakan agar Halikin selalu diberikan kesehatan serta rejeki yang baik.

"Saya merasa bangga dan terharu didatangi oleh orang nomor satu di Sampit. Bantuan ini sangat bermanfaat sekali," tandasnya.(NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru