Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Pasang Jerat Buaya di Sungai Mentawa

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 Januari 2023 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit bersama Manggala Agni memasang jerat buaya di Sungai Mentawa, Selasa, 3 Januari 2022. Pemasangan ini sebagai tindak lanjut laporan warga adanya kemunculan buaya di sekitar sungai.

"Kami melakukan pemasangan 2 unit jaring dan 1 set jerat buaya. Ini merupakan tindak lanjut dari laporan warga mengenai kemunculsn buaya di Sungai Mentawa," kata Kepala BKSDA Pos Sampit Muriansyah.

Buaya muara sepanjang 1 meter diperkirakan masih ada di sekitar Sungai Mentawa, Sampit. Karena hewan tersebut biasanya tidak berpindah jauh dari lokasi kemunculan awal.

"Kami duga buaya ini berasal dari Sungai Mentaya dan kebetulan di sini banyak pakan yang sebetulnya bukan pakan alaminya. Yaitu sampah rumah tangga ataupun bangkai yang dibuang warga ke sungai," ujarnya.

Sebelumnya warga melaporkan kerap terjadi kemunculan buaya dan telah dilaporkan ke kantor Kelurahan Mentawa Baru Ketapang. Banyaknya sampah rumah tangga dan bangkai ini diduga kuat memancing buaya masuk Sungai Mentawa. Apabila nantinya tertangkap pihaknya akan memindahkan buaya ke wilayah konservasi.

"Sesuai arahan dari pimpinan buaya akan langsung segera dipindahkan ke kawasan suaka marga satwa di Kotawaringin Barat," jelas Muliansyah. (DEWIP/H)

Berita Terbaru