Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Siapkan Anggaran Rp8 Miliar untuk Lanjutkan Pengembangan Sawit Masyarakat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Januari 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menyiapkan anggaran sebesar Rp8 miliar lebih pada 2023 untuk melanjutkan pengembangan lahan sawit masyarakat.

Sebelumnya pada 2022, Pemkab Barito Timur telah mengucurkan anggaran Rp2,2 miliar untuk bantuan biaya pembukaan lahan sawit masyarakat dengan nilai Rp2,5 juta per hektare. Uang tersebut dapat dimanfaatkan oleh petani untuk pembersihan lahan atau penebangan pohon, termasuk pengajiran dan pembuatan lubang untuk menanam sawit.

"Untuk tahun anggaran 2023 ini kita siapkan anggaran Rp8 miliar lebih untuk melanjutkan pengembangan kebun sawit dengan pengadaan bibit dan pupuk dengan total luas lahan 844 hektare," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Lurikto di Tamiang Layang, Rabu, 4 Januari 2023.

Karena itu dia berharap petani yang telah menerima dana pembukaan lahan agar memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya sehingga pada saat bantuan bibit dan pupuk diturunkan, petani dapat langsung menanam sawit tersebut.

"Artinya saat penyaluran bibit dan pupuk nanti semua lahan sudah siap," jelas Lurikto kepada Borneonews.


Sebelumnya, pada penyaluran bantuan biaya pembukaan lahan sebesar Rp2,5 juta per hektare, setiap petani penerima bantuan wajib menandatangani pakta integritas dengan kewajiban mengembalikan anggaran tersebut jika ternyata tidak dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

Selain itu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur bekerja sama dengan pemerintah desa terlebih dahulu melakukan pendataan maupun verifikasi data calon petani dan calon lokasi atau CPCL agar bantuan yang akan disalurkan tepat sasaran. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru