Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: SDM Berkualitas di Kalteng Perlu Diperbanyak

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Januari 2023 - 14:10 WIB

BONEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sirajul Rahman menilai, keberadaan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di Kalteng masih kurang dan perlu lebih diperbanyak lagi dalam rangka untuk memajukan daerah.

Menurutnya, peran serta komitmen pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng ini sangat penting dalam upaya mencipatkan SDM berkualitas agar bisa lebih banyak lagi, terutama melalui sektor pendidikan yang merupakan dasar dalam meningkatkan potensi SDM yang ada.

"Pendidikan menjadi ujung tombak untuk menciptakan SDM berkualitas, sehingga sektor ini penting untuk jadi fokus perhatian pemda, sebab di Kalteng sendiri masih banyak sarana maupun fasilitas pendidikan yang memerlukan perhatian terutama di wilayah pelosok," ucapnya, Rabu, 4 Januari 2023.

Dia mengatakan, menciptakan SDM berkualitas sebanyak-banyaknya sangat penting untuk provinsi ini, sebab Kalteng sendiri merupakan salah satu daerah yang menjadi penyangga IKN baru Indonesia di Kaltim kedepan. Oleh karenanya, SDM berkualitas perlu disiapkan sedari sekarang.

"Tentu kita tidak ingin SDM di Kalteng hanya menjadi penonton ketika terjadi perkembangan pesat kedepannya. Karena sebagai penyangga IKN, daerah ini juga akan merasakan dampaknya, jadi SDM kita terutama lokal harus mampu bersaing agar tidak jauh tertinggal," ujarnya.

Di sisi lain, balai-balai pelatihan yang ada di setiap daerah juga harus dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kemampuan atau kualitas SDM melalui program pelatihan yang diberikan, karena balai pelatihan ini merupakan sektor pendukung sektor pendidikan dalam upaya menciptakan SDM berkualitas tersebut.

"Terlepas dari itu agar SDM berkualitas dapat diciptakan secara maksimal juga harus dilakukan semenjak dini, dengan begitu ketika mereka sudah beranjak dewasa tinggal hanya melanjutkan dan meningkatkan kemampuan atau skill yang dimiliki. SDM berkualitas harus bisa benar-benar dipersiapkan dengan baik," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru