Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perketat Pengawasan Terhadap PBS yang Menyalahi Aturan di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Januari 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon meminta kepada pemda supaya dapat lebih memperketat pengawasan terhadap perusahaan besar swasta (PBS) yang menyalahi aturan di Kalteng.

Banyak aturan yang tentunya harus dapat dipatuhi oleh setiap PBS terutama terkait perizinan khususnya izin Hak Guna Usaha (HGU). Di Kalteng sendiri masih banyak PBS utamanya sektor perkebunan yang beroperasi tanpa ada mengantongi HGU.

"Itu tentunya sudah menyalahi aturan perlu untuk diawasi. Karena, yang namanya perusahaan perkebunan wajib mengantongi HGU sebelum beroperasi sesuai ketentuan perundang-undangan," ujarnya, Rabu, 4 Januari 2023.

Dia mengatakan, pengawasan sangat penting untuk dilakukan agar dikemudian hari tidak menimbulkan dampak negatif terhadap daerah maupun masyarakat di Kalteng ini. Pasalnya, keberadaan PBS harus bisa menguntungkan bagi daerah maupun masyarakat sekitarnya.

Dirinya pun mendorong  pemprov melalui Dinas Perkebunan (Disbun) Kalteng agar dapat melakukan verifikasi perizinan terhadap setiap perusahaan perkebunan yang beroperasai di provinsi ini terutama izin HGU. Apabila didapati ada yang melanggar supaya diberikan sanksi.

"Jika perusahaan yang beroperasi tidak mengantongi izin HGU pemerintah wajib memberikan sanksi sesuai aturan yang belaku. Kita harap ada ketegasan pemerintah mengenai perizinan ini agar semua PBS yang ada bisa tertib," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru