Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar bakal Keruk Pendangkalan Muara Sungai Arut untuk Atasi Banjir

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Januari 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pengerukan muara Sungai Arut, bakal dilakukan oleh Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) sebagai salah satu upaya guna mengatasi banjir yang terjadi khususnya saat musim hujan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kobar Tengku Alisjahbana mewakili Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo, Kamis, 5 Januari 2022 menjelaskan hal tersebut bakal dilakukan karena ditemukan salah satu persoalan yang menyebabkan permasalahan banjir akibat adanya pendangkalan muara sungai tersebut.

"Sudah lama tidak dilakukan pengerukan pada lokasi muara dan pertemuan  antara Sungai Arut dengan Sungai Lamandau. Pertemuan dua sungai besar ini tidak kita sadari bahwa terjadi pendangkalan," jelas Tengku Alisjahbana.

Akibatnya, menurut Tengku Alisjahbana, masalah pendangkalan yang terjadi pada muara sungai tersebut membuat aliran air menuju laut menjadi agak terhambat.

"Ditambah lagi faktor curah hujan yang tinggi, sehingga air meluap dan membanjiri pemukiman warga. Untuk itulah rencananya tahun 2023 ini pengerukan tersebut bakal dilaksanakan. Namun ini bukanlah satu-satunya cara, mengatasi permasalahan banjir," jelas Tengku Alisjahbana.

Selain melakukan pengerukan muara Sungai Arut, lanjut Tengku Alisjahbana, upaya lain yang rencananya dilakukan adalah pengerukan sungai kecil dan membuat embung untuk resapan air. 

"Persoalan mengatasi banjir memang menjadi salah satu hal yang jadi perhatian Pemkab Kobar. Karena salah satu  dampaknya adalah dikeluarkannya anggaran yang besar guna penanganan bencana, juga menggangu aktivitas masyarakat.  Untuk itulah fokus tahun ini bagaimana persoalan banjir kedepan tidak terulang lagi dengan penanganan yang tepat," jelas Tengku Alisjahbana. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru