Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan SDA di Kalteng Harus Dimaksimalkan

  • Oleh Donny Damara
  • 05 Januari 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid mengatakan pengelolaan sumber daya alam (SDA) di Kalteng ini harus dapat dimaksimalkan oleh pemda agar bisa memberikan dampak positif bagi daerah.

Ia menyebut, sangat disayangkan apabila SDA itu tidak dimaksimalkan pemanfaatannya, apalagi Kalteng sendiri sangat kaya akan SDA. Sehingga, berbagai upaya atau langkah untuk memanfaatkan SDA tersebut perlu dicanangkan.

"Daerah ini harus bisa mengikuti jejak provinsi lain yang mampu mengelola SDA-nya dengan baik. Jangan sampai jauh tertinggal dan SDA kita dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak memberikan keuntungan bagi provinsi ini," ujarnya, Kamis, 5 Januari 2023.

Menurutnya, solusi terbaik dalam rangka untuk memaksimalkan potensi SDA di Kalteng ini yakni pemda dapat mendirikan industri atau pabrik. Dan untuk mewujudkan itu pemda bisa menjalin kerja sama dengan investor maupun pemerintah pusat atau BUMN.

"Kalteng ini memiliki potensi untuk mendirikan idustri baik itu pengolah pakan ikan, karet, rotan dan lain-lain. Sehingga SDA yang ada bisa diproduksi dalam daerah dan dijual berupa barang jadi tidak lagi berupa bahan mentah. tentu itu bisa meningkatkan nilai tambah," tuturnya.

Ia mencontohkan, seperti halnya Kalsel yang berencana membangun industri atau pabrik pembuatan ban. Tentu hal tersebut akan dapat memaksimalkan pemanfaatan SDA provinsi itu khususnya karet. Meskipun Kalteng juga akan merasakan dampaknya tapi belum tentu dapat maksimal.

"Meski SDA utamanya karet kita nanti otomatis juga merasakan dampaknya, tapi ada baiknya jika daerah ini memikirkan sendiri untuk membangun industri itu. Apabila kita memiliki sendiri selain maksimal dalam memanfaatkan SDA, dari segi harga bahan mentah juga akan memadai dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat dari segi perekonomian," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru