Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Salurkan Bantuan Bagi Korban Longsor

  • Oleh Uriutu
  • 06 Januari 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – BPBD Barito Selatan menyalurkan bantuan bagi korban longsor di RT 01, RW 01, Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan, Jumat, 6 Januari 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Barsel Alip Suraya mengatakan, bantuan tersebut disalurkan kepada 4 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terdampak longsor akibat abrasi.

"Adapun bantuan yang kita serahkan sebanyak 15 paket sembako, karpet spon serta selimut. Ini merupakan bantuan pertolongan pertama dalam upaya meringankan beban korban," kata Alip Suraya didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik Suwono.

Ia menyampaikan kejadian ini statusnya masih kejadian biasa dan bukan dalam keadaan siaga ataupun tanggap darurat.

Kejadian abrasi ini akibat tanah terbentur arus air sungai pada saat banjir beberapa waktu lalu.

"Akibat kejadian ini, satu unit rumah yang dihuni satu KK yang berada di Jalan Barito RT 01 RW 01 Desa Baru tenggelam di sungai Barito," beber dia.

Sedangkan satu unit rumah lainnya yang dihuni tiga KK berdekatan dengan lokasi abrasi sudah mengungsi ke tempat keluarga mereka, karena takut terjadi longsor susulan.

Ia menambahkan, selain memberikan bantuan, pihaknya akan melakukan pendampingan dalam menyampaikan proposal kepada dinas terkait lainnya dalam upaya penanganan abrasi tersebut. (URIUTU DJAPER/H)

Berita Terbaru