Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Jemput Bola Solusi Optimalkan Laporan ADD

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Januari 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Yohannes Freddy Ering menyebut sistem jemput bola bisa menjadi solusi bagi pemerintah kabupaten dan kota dalam rangka mengoptimalisasi laporan penggunaan dana desa (ADD).

Dia mengungkapkan, selama ini banyak faktor yang mempengaruhi sering terjadinya keterlambatan dalam penyampaian laporan penggunaan ADD oleh pemerintah desa selain pihak desa menggunakan jasa pihak ketiga untuk membuat laporan tersebut.

"Kondisi geografis, jaringan telekomunikasi, hingga akses yang sulit ditembuh menjadi diantara faktor penghambat penyampaian laporan penggunaan ADD jadi terkendala. Nah, sistem jemput bola bisa menjadi solusi yang dilakukan," ujarnya, Sabtu, 7 Januari 2023.

Dijelaskannya bahwa, Kalteng ini merupakan daerah yang sangat luas, sehingga untuk wilayah-wilayah tertentu membutuhkan penanganan khusus, toleransi dan dikresi. Maka dari itu sistem jemout bola dapat menjadi solusi untuk bisa diterapkan oleh pemerintah.

Ketua Komisi I ini mengatakan, implementasj dalam penyaluran serta penyampaian laporan penggunaan ADD tidak semudah kenyataan yang ada di lapangan, jadi pemerintah harus memaklumi jika terjadi keterlambatan dalam penyampaian laporan penggunaan ADD tersebut.

Oleh karena itu, sudah saatnya pemerintah berinovasi dengan menerapkan sistem jemput bola sehingga laporan tersebut bisa disampaikan tepat waktu. Karena, keterlambatan yang terjadi juga dapat menghambat jalannya penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Mau tidak mau pemerintah baik kabupaten dan kota harus bisa menerapkan sistem jemput bola, dengan catatan penerapan itu harus diimbangi dengan anggaran yang memadai, khususnya untuk operasional petugas di lapangan," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru