Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penipu Pembuatan Ijazah dan Lowongan Kerja Itu Mantan Brimob

  • 19 Februari 2016 - 13:29 WIB

Haris Simon, alias Haris, 29, tersangka penipuan pembuatan ijazah dan lowongan kerja melalui media sosial facebook dengan membajak akun milik orang lain, ternyata bekas anggota Brimob Polda Kalteng.

Dia dipecat sekitar lima tahun silam lantaran kasus narkoba dan juga penipuan terhadap orang lain. Pangkat terakhirnya adalah bripda.

"Dia pecatan Brimob kira-kira lima tahun lalu. Kasusnya narkoba dan penipuan," kata Kasat Reskrim Polres Palangka Raya AKP Todoan Gultom kepada wartawan, Jumat (19/2/2016).

Menurut Kasat Reskrim, dia ditangkap setelah mendapat informasi dari korban. Totalnya sudah ada 13 korban. Keuntungan yang diraih tersangka dalam aksi itu sudah jutaan rupiah. 

PS Kaur Bin Ops Reskrim Polres Palangka Raya Iptu Suharno menambahkan, tersangka melakukan tindak pidana penipuan dengan cara membuka lowongan pekerjaan dan pembuatan ijazah melalui akun facebook. Selain itu juga melalui telepon seluler serta SMS secara langsung.

Setelah ada orang yang menghubungi, tersangka menawarkan lowongan pekerjaan sebagai karyawan perusahaan. Rata-rata perusahaan yang ia tawarkan bergerak di bidang kelapa sawit.

Tersangka kemudian menyuruh orang itu untuk membawa sejumlah persyaratan, termasuk biaya administrasi antara Rp100 ribu sampai Rp500 ribu. Dalam proses pemberian uang itu, korban menyerahkan langsung ke tempat sewa barak tersangka.

"Namun berkas tersebut tidak pernah diserahkan ke perusahaan. Jadi penawaran lowongan kerja dan pembuatan ijazah hanya modus saja. Dan masalah lowongan kerja juga tidak ada," ungkap Suharno.

Menurut pengakuannya, lanjut Suharno, penipuan itu baru dilakukan sekali. Meski demikian pihaknya akan terus melakukan pendalaman. "Katanya baru sekali. Tapi akan kami periksa lebih lanjut," tuturnya. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru