Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Orang Spesialis Pembobol Rumah Kosong Ditangkap

  • 19 Februari 2016 - 20:21 WIB

Sebanyak lima orang spesialis pembobol rumah kosong ditangkap oleh petugas gabungan dari Polres Seruyan, Senin (15/2/2016). Hal itu diungkapkan Kapolres Seruyan AKBP Budi Satrijo saat memberikan pers rilis di Mapolres Seruyan, Jumat (19/2/2016).

'Dari lima pelaku itu, dua orang diantaranya berasal dari Pulau Jawa yang telah lama menetap di Kuala Pembuang, sedangkan tiga orang lainnya asli warga Kuala Pembuang,' kata Kapolres.

Ia melanjutkan kelima pelaku berinisial ABD, KUS, HLD, SGY, dan DDG. Barang bukti yang berhasil disita dari tangan komplotan itu antara lain sembilan unit laptop berbagai merk, 13 unit HP berbagai merk, tiga buah speaker aktif, dua unit sepeda lipat, lima unit televisi, tujuh buah remote TV, dua buah kipas angin, satu unit kamera digital, almari pendingin ukuran kecil, satu unit GPS, receiver parabola, DVD player, stavolt (stabilizer arus listrik), wajan, panci bolu, wireless USB, satu set alat pancing dan alat parut kelapa. 'Nilai total semuanya mencapai Rp94.640.000,-.'

Menurut Kapolres, kelima pelaku beraksi di 13 tempat kejadian perkara (TKP) yang semuanya berada di dalam Kota Kuala Pembuang antara lain Jalan Matlima, Jalan Pelita, Jalan Gatot Subroto, Jalan Pemuda IV, Jalan DI Panjaitan, Jalan H Anang Alus, Jalan Pelita IV, Jalan Abadi, Jalan Budi Utomo, Gang Jambu dan Gang SDN 5 Kuala Pembuang.

'Dalam aksinya pelaku mencongkel jendela pintu ataupun kamar yang pemiliknya sedang tidak berada di rumah (saat sedang kosong) dengan menggunakan obeng dan peralatan besi lainnya,' Kata Kapolres yang saat itu didampingi Wakapolres Kompol Dhovan Oktavianton dan Kasat reskrim AKP Triyo Sugiyono.

 Ia melanjutkan aksi perdana komplotan ini dilakukan sejak awal Desember 2015 lalu. Kemudian berhasil ditangkap empat hari lalu di Desa Tabiku, Kecamatan Danau Sembuluh.

'Penangkapan ini berdasarkan dari hasil laporan warga yang mengaku kehilangan sejumlah barang miliknya di rumah yang ditinggalkan kosong. Kemudian dari laporan itu kita lakukan pengembangan dan penyelidikan untuk mengungkap kasus pencurian rumah kosong ini.' (PN/B-8)

Berita Terbaru