Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPR Dukung KPK Terus Lakukan OTT

  • Oleh ANTARA
  • 10 Januari 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan terus melakukan operasi tangkap tangan (OTT) untuk menurunkan kasus korupsi.

“OTT merupakan salah satu cara KPK untuk memberantas dan menjerat para pelaku korupsi. Kalau bisa ditangkap saat kejadian kenapa tidak," kata Sahroni, Senin 9 Januari 2023.

Dia menilai langkah OTT membuat proses pembuktian jadi berlangsung lebih cepat dan mudah karena adanya barang bukti. Selain itu, menurut dia, kalau bicara survei kepuasan publik terhadap KPK, poin utama pertimbangan publik ada pada OTT.

"Lagi pula kalau memang ini dramatis, apa salahnya publik ‘melihat langsung’ ada maling ditangkap,” ujarnya.

Namun Sahroni meminta KPK tetap memperkuat sistem pengawasan dan pencegahan untuk meminimalisir potensi korupsi. Dia menilai melalui sistem yang ketat diharapkan angka korupsi dapat ditekan jauh lebih banyak.

“KPK harus tetap mengutamakan sistem pengawasan dan pencegahan. Dan (sistemnya) harus terus diperbarui karena pelaku korupsi saat ini sudah semakin canggih," katanya.

Dia berharap KPK harus terus mengkaji dan mengevaluasi secara berkala untuk menghasilkan sistem pengawasan dan pencegahan yang terbaik. Menurut dia, KPK harus menutup rapat semua celah korupsi sehingga pencegahan dapat lebih efektif dan efisien.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Ali Fikri menegaskan bahwa institusinya akan terus melakukan operasi tangkap tangan (OTT) sebagai upaya menurunkan kasus korupsi.

Dia mengatakan kerja penindakan KPK dilakukan sebagai tindak lanjut laporan masyarakat dalam berperan serta mengupayakan penurunan kasus korupsi. Karena itu, menurut Ali Fikri, cara penindakan KPK salah satunya melalui tangkap tangan tetap dilakukan.

ANTARA

Berita Terbaru