Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Barito Timur Mulai Laksanakan Tes Tertulis Calon Anggota PPS

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Januari 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Barito Timur mulai melaksanakan tes tertulis bagi calon  anggota Panitia Pemungutan Suara atau PPS PPS yang akan bertugas pada Pemilu 2024 mendatang. Tes tertulis dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test atau CAT.

Ketua Divisi SPPM dan SDM KPU Kabupaten Barito Timur Zarmiyeni menjelaskan, tes tertulis tersebut berlangsung selama 3 hari hingga tanggal 12 Januari 2023 yang dibagi beberapa kecamatan.

"Hari ini khusus untuk Kecamatan Dusun Timur dan dilaksanakan di laboratorium komputer SMA Negeri 1 Tamiang Layang, dengan jumlah peserta 113 orang yang dibagi dalam 3 sesi," ucapnya, Selasa, 10 Januari 2023.

Selanjutnya pada hari kedua tes tertulis dilaksanakan untuk 5 kecamatan yakni Dusun Tengah, Raren Batuah, Paku, Paju Epat dan Kecamatan Pematang Karau. Sedangkan pada hari ketiga tes tertulis diadakan di Kecamatan Benua Lima, Patangkep Tutui, Awang dan Kecamatan Karusen Janang.

"Pelaksanaan tes ini dimonitoring langsung oleh KPU Provinsi Kalimantan Tengah, dalam hal ini dihadiri oleh Bapak Eko Wahyu Sulistyo Budi dari divisi koordinator, sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia," kata Zarmiyeni.

Adapun soal tes tertulis itu, lanjut dia, berisi materi tentang wawasan kebangsaan, kompetensi dasar serta pengetahuan kepemiluan.

"Jumlah soal untuk tes tertulis ini 75 soal yang diturunkan langsung dari KPU RI. Soal baru kami terima 3 jam sebelum pelaksanaan tes," jelas Zarmiyeni.

Seleksi tertulis calon anggota PPS diikuti oleh 316 orang pelamar yang telah lolos seleksi administrasi. Sedangkan kebutuhan anggota PPS untuk 103 desa/kelurahan di Barito Timur total berjumlah 309 orang. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru