Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sragen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Minta Tepra Optimal Kawal Penyerapan Anggaran

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 15 Januari 2023 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, meminta kepada Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra), optimal melakukan pengawasan dan mengawal penyerapan anggaran dengan memperkuat koordinasi, sinergi dan harmonisasi.

“Sehingga penggunaan alokasi anggaran 2023 semakin efektif dan efisien serta mampu memberikan daya ungkit terhadap perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Lamandau,” kata Bupati Hendra di Nanga Bulik, Minggu 15 Januari 2023.

Tim TEPRA diminta juga melakukan evaluasi terhadap capaian realisasi anggaran tahun sebelumnya, apakah telah sesuai dengan target sekaligus mengidentifikasi serta mencari solusi atas permasalahan yang terjadi di lapangan.

Hal yang sama diminta juga kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan sehingga dapat dirumuskan alternatif solusi pemecahan masalah sebagai bahan evaluasi percepatan penyerapan realisasi anggaran 2023.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba itu, berharap realisasi penyerapan anggaran 2023 oleh seluruh OPD dan kecamatan dapat ditingkatkan sehingga mencapai target yang telah ditentukan bahkan melampaui.

“Bagi OPD dan kecamatan yang capaian penyerapan anggaran tahun 2022 tinggi agar bisa mempertahankan bahkan ditingkatkan. Sedangkan yang masih rendah, segera lakukan langkah-langkah evaluasi,” pintanya.

Secara khusus, Bupati Hendra juga meminta kepada seluruh OPD dan kecamatan, agar selalu bersinergi dan memperkuat sinkronisasi antar kegiatan yang berasal dari dana APBD.

Terhadap pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19, Hendra meminta, seluruh OPD saling bersinergi menjaga stabilitas harga dan meningkatkan ketahanan pangan dalam mendukung daya beli masyarakat serta menjaga pasokan barang kebutuhan masyarakat.

“Hal tersebut harus benar-benar diperhatikan seluruh OPD. Selalu berkoordinasi dan memperkuat sinkronisasi serta sinergi antar kegiatan yang bersumber dari dana APBD,” tegasnya. (HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru