Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Ajak ASN Jaga Falsafah Huma Betang

  • Oleh Hendri
  • 16 Januari 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menjaga falsafah Huma Betang. Yakni dengan menerapkan nilai-nilai toleransi, kebersamaan dan gotong-royong dalam bermasyarakat.

"ASN harus memahami falsafah ini yang sudah dijaga dan diterapkan seluruh masyarakat Kalteng. Sebagai ASN tentu harus menjadi contoh yang baik di lingkungan masing-masing, tidak hanya dalam urusan kantor," katanya, Senin, 16 Januari 2023.

Huma Betang merupakan warisan turun temurun, mengandung nilai-nilai filosofis berupa ikatan persaudaraan, ikatan kekeluargaan dan sikap toleransi, yang masih dilakukan oleh Suku Dayak.

Filosofi huma betang memiliki tujuh unsur kebudayaan, yaitu sistem religi, sistem sosial, sistem pengetahuan, bahasa, seni, sistem mata pencaharian dan sistem teknologi.

Pesan itu disampaikan Fairid dengan alasan banyaknya isu nasional dan sejumlah kasus yang berkaitan dengan toleransi di Indonesia. Dia tidak ingin ada kasus intoleransi di Kota Cantik, apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh ASN pada lingkungan kerjanya.

"Saat ini yang dibutuhkan dalam pembangunan adalah kebersamaan dalam menjaga keharmonisan di wilayah kita. ASN juga jangan lalai dalam menerapkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945 dan menjaga NKRI," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru