Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Karhutla, Ini Instruksi Pj. Bupati Kobar Pada Camat hingga Kades

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 Januari 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Cegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang beberapa waktu belakangan ini meningkat, Pj. Bupati Kotawaringin Barat (Kobar)  Anang Dirjo, segera instruksikan pada para Camat hingga lurah dan kades agar lakukan sosialisasi pada warga serta mengintensifkan deteksi dini potensi karhutla di wilayah masing-masing.

Menurut Pj. Bupati, Senin, 16 Januari 2023, sosialisasi pencegahan karhutla ini harus dilakukan secara massif pada warga agar tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan.

"Harapannya para Camat, Lurah dan Kades bisa memberikan penyuluhan mengenai bahaya karhutla kepada masyarakat. Kemudian bisa dijelaskan juga mengenai sanksi pidana bila ada individu atau oknum yang  nekat membakar lahan,” jelas Pj. Bupati.

Karena, menurut Pj. Bupati, berkaca pada pengalaman yang terjadi beberapa tahun lalu, begitu banyak aktivitas masyarakat dan kesehatan terganggu, akibat adanya hencana karhutla.

"Tentunya kita semua tidak ingin kondisi serupa terulang. Lantaran dampak adanya kabut asap yang terjadi akibat karhutla sangat menggangu kesehatan seluruh masyarakat dan aktivitas keseharian," jelas Pj. Bupati.

Pj. Bupati juga meminta pada Camat hingga Lurah dan Kades agar bisa berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait guna lakukan pencegahan karhutla.

"Selain sosialisasi, deteksi dini di wilayah rawan Karhutla perlu dilakukan penguatan. Harapannya koordinasi dengan instansi TNI /Polri yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas dilingkungan tugas masing-masing perlu diintensifkan," jelas Pj. Bupati.

Diperkuat bersama pemangku kepentingan, termasuk Babinda dan Bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing.

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) beberapa hari ini semakin meningkat, di wilayah Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Kobar Anang Dirjo menyampaikan, bahwa pihaknya tengah berupaya maksimal dalam pengendalian dan pencegahan Karhutla.

Berita Terbaru