Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Program Baru untuk Meningkatkan Gemar Membaca Masyarakat Kobar 2023

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 17 Januari 2023 - 18:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sedang merencanakan program baru untuk meningkatkan tingkat kegemaraan membaca buku di Kotawaringin Barat pada 2023.  

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada 25 Februari 2022 yang salah satu aspeknya yaitu tingkat kegemaraan membaca masyarakat Indonesia.

Data menunjukkan bahwa tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan di angka 59,52 dengan durasi waktu membaca  yaitu 4 sampai 5 jam per minggu serta 4 hingga 5 buku per triwulan. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kobar sedang merencanakan program baru serta menjalin kerjasama dengan pelaku usaha untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan oleh Norlaila Hayati, S.Ag, Kepala Bidang Pengolahan Pengembangan Bahan Pustaka dan Layanan pada Selasa, 17 Januari 2023. 

"Kita kemaren punya rencana. Kita akan berinovasilah mudah-mudahan ini terlaksana, kita akan merambah ke kafe untuk penyediaan layanan buku, kami menyiapkan buku" ungkapnya. 

Inovasi tersebut masih dalam tahap pembicaraan dan direncanakan pada bulan Februari 2023, DPK akan mengunjungi beberapa kafe untuk membicarakan program ini. 

"Mudah-mudahan nanti direspon positif sama mereka. Rencananya sih bulan Februari turunnya, kita surey dan mengadakan pendekatan dengan pemiliknya. Mudahan direspon baik oleh mereka" ujar Norlaila Hayati. 

Kemudian Pustakawan Ahli Muda, Zokhratus Safhidah menyampaikan harapan untuk masyarakat Kobar dengan adanya program baru tersebut. 

"Semoga masyarakat Kobar lebih mencintai buku seperti itu, kita tau sendiri bahwa anak-anak lebih cinta HP ketimbang buku" tegasnya. 

Lalu Norlaila menambahkan "Ini juga salah satu upaya dari Perpustakaan Daerah, mempermudah masyarakat Kobar untuk mendapat layanan perpustakaan."

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kobar menyediakan Pojok Baca Digital (POCADI) yang berada di Taman Kota Pangkalan Bun di samping pos satpam. 

Masyarakat Kobar bisa mencari buku elektronik yang diinginkan di POCADI karena sudah terhubung dengan Perpustakaan Nasional.(NURITA/R)

Berita Terbaru