Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Buaya, Warga Handil Sohor Juga Lapor Ada Beruang Berkeliaran

  • Oleh Noor Annisa
  • 17 Januari 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Selain melaporkan seringnya buaya muncul hingga di parit irigasi, warga Desa Handil Sohor juga melaporkan ada beruang yang berkeliaran di sekitar pemukiman kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit.

Keberadaan beruang tersebut diketahui berdasarkan keterangan warga Desa Handil Sohor, Kusno, beruang terihat berjumlah 2 ekor berukuran besar dan seekor berukuran kecil berada di ladang warga.

"Juga pernah terlihat berada di sekitar pemukiman warga yakni seekor beruang besar dan seekor beruang remaja," ungkapnya, Selasa, 17 Januari 2023.

Menindaklanjuti hasil laporan dari warga, petugas BKSDA turun kelapangan untuk menelusuri keberadaan satwa liar tersebut dengan dibantu oleh anggota Manggala Agni.

"Saat giat observasi petugas menemukan jejak atau cakar beruang di dahan pohon nangka dan satu buah nangka yang habis dimakan," kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah,

Setelah melakukan koordinasi dengan pihak Kantor desa dan memberikan pengarahan pada warga terkait perilaku satwa liar tersebut, petugas juga menjelaskan hal-hal yang sebaiknya dilakukan saat berjumpa dan agar satwa liar tidak datang ke sekitar pemukiman.

Selanjutnya, pihak BKSDA memasang satu set perangkap beruang di Trans Jalur 1, di Desa Handil Sohor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dengan harapan beruang tersebut bisa masuk perangkap sehingga kemunculannya tidak lagi meresahkan warga. (NOOR ANNISA/J)

Berita Terbaru