Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mendag Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Empat Pilar Peningkatan Daya Saing

  • Oleh ANTARA
  • 17 Januari 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan dukungan pemerintah untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas melalui empat pilar peningkatan daya saing UMKM.

Keempat pilar peningkatan daya saing UMKM menyinergikan UMKM, ritel modern, lokapasar, dan perbankan dalam satu ekosistem, kata Mendag Zulkifli Hasan saat bertemu dengan para pelaku UMKM di Kota Binjai, Sumatera Utara, Selasa.

"Kementerian Perdagangan terus mendukung pengembangan UMKM melalui program empat pilar peningkatan daya saing UMKM. Jika ekosistemnya terbangun, ekonomi juga akan merangkak naik. Kami harap UMKM Kota Binjai juga dapat bersinergi dengan ritel modern, lokapasar, dan perbankan untuk terus mengembangkan UMKM di Kota Binjai," ujar Zulkifli melalui keterangan resminya yang diterima di Jakarta.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Zulkifli juga didampingi Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko. Pertemuan tersebut dihadiri sekitar 20 pelaku UMKM di Kota Binjai.

Para pelaku UMKM tersebut bergerak antara lain di bidang tekstil serta makanan dan minuman. Para pelaku usaha turut membawa produk masing-masing untuk dipamerkan di depan Mendag dan Menteri BUMN.

Zulkifli berharap UMKM di Kota Binjai dapat bersinergi menyuplai produk-produk mereka ke ritel-ritel modern di Sumatera Utara. Selain itu, produk UMKM Binjai diharapkan dapat bersinergi dengan lokapasar melalui berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas hingga akhirnya mampu merambah pasar digital.

Zulkifli mengatakan pemerintah mendukung pembiayaan UKM antara lain melalui kerja sama dengan perbankan dalam skema kredit usaha rakyat (KUR).

Pendiri TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai, Tan Darwania Makatita menyampaikan apresiasinya dan meminta dukungan pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM Kota Binjai.

"Kami mohon dukungan untuk produktivitas UMKM di sanggar TAN Collection pada khususnya, dan semua UMKM di Kota Binjai pada umumnya, sehingga UMKM di Kota Binjai semakin berkembang," kata Tan.

TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai merupakan salah satu UKM yang bergerak di bidang fesyen etnik. Produk-produknya meliputi tenun, songket, batik, sulaman, rajutan, kerajinan tangan, hingga hantaran pengantin.

Berita Terbaru