Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guna Permudah Masyarakat Sampaikan Aduan, Pemkab Kobar Lanjutkan Penyusunan Rencana Aksi SP4N-LAPOR!

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 Januari 2023 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mempermudah masyarakat untuk menyampaikan aduan, saat ini Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) terus melanjutkan penyusunan rencana aksi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

Untuk itulah di Kantor Setda Kobar, Rabu, 18 Januari 2023 digelar kegiatan Focus Group Disscussion (FGD) guna tindak lanjut dari sosialisasi dan lokakarya persiapan rencana aksi SP4N-LAPOR! yang diselenggarakan Desember 2022.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kobar Syahruddin dalam kegiatan tersebut menjelaskan, sebagai pelayan publik Pemkab Kobar menyadari bahwa masyarakat memerlukan akses yang mudah dan efektif dalam menyampaikan aspirasi dan melaporkan keluhan terkait layanan yang diberikan.

"Oleh karena itu, kami berkomitmen menyusun rencana aksi SP4N-LAPOR! ini dengan serius agar peran masyarakat dalam pengelolaan pemerintahan semakin kuat. Dengan demikian, kita bisa bersama mewujudkan Kobar menuju kejayaan,” jelas Syahrudin.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian Kobar Rody Iskandar, mengatakan penyusunan rencana aksi SP4N-LAPOR! merupakan tahap krusial dalam penetapan standar kinerja pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

"Lewat proses ini, kami menetapkan strategi dan tindakan yang akan diterapkan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan keluhan sekaligus membantu pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pelayanan publik dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan," jelas Rody Iskandar.

Rody Iskandar menjelaskan dalam kegiatan yang telah digelar Desember 2022 pihaknya berhasil mengumpulkan gagasan dan masukan mengenai pelaksanaan penilaian mandiri untuk sistem pengaduan di Kabupaten Kotawaringin Barat 

"Dalam kegiatan yang telah lalu, diikuti oleh tim Koordinasi Pengelolaan Pengaduan, para administrator SP4N-LAPOR!, serta perwakilan lembaga swadaya masyarakat dan pemerintah.Kedepannya, ketika Rencana Aksi SP4N-LAPOR! sudah tersedia, hal lain yang perlu diperhatikan adalah perlu dilakukan sosialisasi menyeluruh dan peningkatan kapasitas pengelolaa aduan di setiap dinas, agar layanan pemerintah kabupaten bagi masyarakat optimal," jelas Rody Iskandar.

Rody Iskandar mengatakan, kehadiran SP4N-LAPOR! sebagai sistem pengaduan yang dapat diakses secara daring oleh masyarakat nantinya ditargetkan mampu mempermudah proses penyampaian aspirasi, pelaporan keluhan, dan pemantauan penyelesaian aduan terkait pelayanan publik.

"Tidak hanya itu, kerja sama Pemkab Kobar dan USAID SEGAR dalam mempromosikan SP4N-LAPOR! secara luas juga diharap bisa mendorong praktik tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel, khususnya dalam penanganan aduan masyarakat. (WAHYU KRIDA/H)

Berita Terbaru