Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Imbau Warga Waspada Kejahatan Digital

  • Oleh Hendri
  • 19 Januari 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengimbau masyarakat di kota setempat untuk waspada dengan adanya kejahatan digital atau siber baru yaitu modus sniffing.

Modus sniffing dalam praktik kejahatannya sering menyasar kepada pengguna smartphone atau ponsel pintar. Biasanya si penjahat mengaku dari perbankan atau dari perusahaan besar lalu mengirimkan dokumen aplikasi.

“Si pelaku meminta sasarannya untuk mendownload aplikasi di handphone atau telepon genggam. Nah, aplikasi itulah menjadi sarana si penjahat siber untuk melakukan pencurian data,” katanya, Kamis, 19 Januari 2023.

Pencurian data dimaksud yakni berupa data diri hingga data perbankan, bahkan tidak jarang korban dari kejahatan siber tersebut mengaku uang di saldo rekeningnya terus menerus berkurang tanpa sepengetahuannya.

Menyikapi hal itu kata Fairid, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya memberikan beberapa tips kepada masyarakat agar tidak terkena modus penipuan sniffing. Salah satu yang perlu diperhatikan yakni jangan sembarang download aplikasi yang tidak jelas sumbernya.

"Selain itu cek keaslian nomor telepon yang menghubungi atas nama perusahaan. Perlu diingat, masyarakat hanya mengunduh dari sumber resmi yaitu app store atau play store, jangan gunakan WiFi publik untuk melakukan transaksi keuangan. Jadi, selalu waspada dengan kejahatan siber,” pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru