Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Minta Camat, Lurah dan Kades Anggarkan Dana untuk Pembangunan Pertanian

  • Oleh Ramadani
  • 19 Januari 2023 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah meminta seluruh camat, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Barito Utara untuk dapat menganggarkan dana pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk pembangunan pertanian, terutama subsektor tanaman pangan.

“Kepada para Camat, kepala desa/lurah agar dapat menggiring isu tersebut supaya bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan, yaitu swasembada pangan dapat kita raih pada akhirnya dan tingkat inflasi di kabupaten kita tercinta ini mampu kita redam,” kata Nadalsyah di sela kegiatan panen bersama di lahan Kelompok Tani (Poktan) Mitra Laba, Desa Paring Lahung, Kecamatan Montallat, Kamis, 19 Januari 2023.

Hal tersebut, lanjut dia, seiring dengan amanat Peraturan Menteri Desa PDT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Dana Desa yang salah satunya penggunaan program prioritas nasional sesuai dengan kewenangan desa, yaitu penguatan ketahanan pangan, mengembangkan usaha pertanian lumbung pangan, pengolahan hasil dan pemasaran.

Bupati juga mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi jajaran Pemprov Kalteng dan semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan panen bersama ini.

“Terlebih kepada para kelompok tani, para peneliti dan investor pertanian yang mendukung program pembangunan di bidang pertanian di daerah ini. Saya juga tidak bosan mengajak kepada para pemuda dan masyarakat kita semua “Ayo Bertani, Bertani Itu Keren,” ajaknya.

Menurut orang nomor satu di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan itu, sektor pertanian khususnya sub sektor tanaman pangan memegang peranan penting dan strategis dalam membangun perekonomian di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Oleh karena itu, tambah dia, perlu terus mengembangkan hal itu karena berperan sebagai penyedia pangan daerah, membuka lapangan kerja bagi para pemuda dan masyarakat di pedesaan demi terwujudnya kesejahteraan di dalam masyarakat itu sendiri.

“Karena sumber daya alam di Kabupaten Barito Utara sangat mendukung untuk pengembangan bidang pertanian,” pungkasnya. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru