Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5,34 Persen Perempuan Melahirkan ke Dukun Beranak di Kotawaringin Barat

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 20 Januari 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Pada 2 Januari 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) Pangkalan Bun membagikan data Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar)  pada 2022. 

Dalam unggahan tersebut, terdapat data dan informasi terkait kesejahteraan masyarakat Kobar dari berbagai aspek, salah satunya adalah kesehatan. 

Kemudian data menunjukkan bahwa presentase perempuan berusia 15 sampai 49 tahun yang melahirkan di dukun beranak atau paraji menurut penolong kelahiran terakhir di Kabupaten Kobar sebesar 5,34 persen. 

Hal tersebut menandakan bahwa dari survei SUSENAS (Survei Sosial Ekonomi Nasional) dari Maret 2021 sampai Maret 2022 terdapat masyarakat yang masih dibantu oleh tenaga nonmedis pada saat melakukan persalinan. 

Novandhita Adi Satria, SST, Fungsional Statistisi Ahli Pertama menyampaikan SUSENAS 2022 ini mencatat kelahiran selama dua tahun terakhir. 

"Memang kami menemukan masih ada sampel rumah tangga itu yang kelahirannya dibantu oleh paraji atau dukun beranak" katanya pada Jumat, 20 Januari 2023.

Novandhita menyebutkan adanya kemungkinan masyarakat memilih untuk pergi ke dukun beranak disebabkan oleh pandemi COVID-19 pada tahun tersebut. 

"Mungkin kalau ditelusuri mengapa seperti itu, saat periode itu sedang terjadi pandemi COVID-19, ya karena alasan tertentu mungkin masyarakat lebih memilih melahirkan seperti itu" ujarnya. 

Lalu, BPS Pangkalan Bun akan mengadakan SUSENAS pada Maret 2023 untuk melihat keadaan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat termasuk aspek kesehatannya.  

Novandhita menambahkan adanya angka kelahiran yang dibantu paraji itu menunjukkan bahwa masih perlu disosialisasikan ya pentingnya di fasilitas kesehatan karena bagaimanapun di sana lebih aman." (Nurita Fitriyastuti/R)

Berita Terbaru