Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manfaatkan Lahan Kosong Antisipasi Inflasi di Daerah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 Januari 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, terus mendorong masyarakat, termasuk jajarannya di seluruh kecamatan untuk terus gencar memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian sebagai antisipasi dampak inflasi yang bisa memicu krisis pangan.

“Saya apresiasi kegiatan warga di Kecamatan Sematu Jaya yang telah memanfaatkan lahan untuk menanam benih cabe ini,” ungkap Bupati. Jumat, 20 Januari 2023.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Bahaum Bakuba bersama rombongan itu turut serta menanam benih cabe di lahan yang telah disiapkan warga setempat. Ia terus mendorong masyarakat untuk terus berupaya mewujudkan kemandirian pangan.

“Ketahanan pangan di daerah diharapkan dapat meminimalisir dampak inflasi,” sebutnya.

Hendra menjelaskan, pada tahun 2023 ini, diprediksi menjadi tahun yang berat bagi ekonomi secara global dengan terjadinya resesi. Salah satu dampak yang harus diantisipasi adalah krisis pangan dan inflasi.

Ancaman ini tidak boleh dianggap remeh meski Indonesia adalah negara yang kaya pertanian. Justru, harus ada upaya bersama meningkatkan produksi pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan nasional dan daerah, termasuk di Kabupaten Lamandau.

Pemanfaatan lahan kosong untuk pertanian seperti yang dilakukan Kecamatan Sematu Jaya, diharapkan menjadi contoh bagi kecamatan dan instansi lainnya. Diharapkan akan lebih mudah dalam mengajak masyarakat untuk melakukan hal serupa.

Selain menjaga ketahanan pangan, imbuh Bupati, optimalisasi pertanian juga untuk menambah pendapatan karena potensinya masih sangat besar. Ia berharap Kabupaten Lamandau dapat menjadi daerah pemasok pangan bagi daerah lain. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru