Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Januari 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana, meminta tenaga kesehatan (Nakes) setempat terus meningkatkan kinerja dan kompetensi untuk mengimbangi upaya keras pemerintah daerah yang terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bupati menyebut, pihaknya terus melakukan peningkatan fasilitas kesehatan, termasuk jaminan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu. Hal ini tentu juga harus diimbangi dengan kinerja dan kompetensi para nakes dalam memberikan pelayanan.

“Layani dengan baik masyarakat kita, apapun strata sosialnya,” kata Hendra di Nanga Bulik, Sabtu, 21 Januari 2023.

Hendra menegaskan, Pemkab Lamandau selalu berkomitmen untuk mensejahterakan masyarakatnya, salah satunya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan

Hal itu dibuktikan dengan capaian Universal Health Coverage (UHC) dalam jaminan kesehatan di Kabupaten Lamandau. UHC merupakan cakupan kesehatan semesta yang menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Seluruh warga di Kabupaten Lamandau dapat mengakses layanan kesehatan hanya dengan menunjukkan KTP atau nomor induk kependudukan di seluruh rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kita sudah menggelontorkan anggaran sangat besar untuk jaminan kesehatan masyarakat kita. Jadi jangan sampai ada warga yang tidak bisa berobat karena alasan biaya. Kalau sudah terdaftar, maka semua biaya ditanggung BPJS Kesehatan dan kita bayar untuk itu,” tegasnya.

Bupati memerintahkan seluruh camat, lurah dan kepala desa untuk terus memantau kondisi warganya. Jika ada yang sakit dan memerlukan bantuan, maka diharapkan segera difasilitasi untuk dibawa berobat ke rumah sakit.

“Selama itu secara medis masih bisa diobati, bawa dan kita bantu agar bisa diobati semaksimal mungkin. Kita bantu masyarakat kita,” ucapnya.

Peran tenaga kesehatan sangat besar dalam mewujudkan harapan itu. Tenaga kesehatan diharapkan memberikan pelayanan dengan cepat, ramah dan optimal sehingga membuat masyarakat merasa puas dan dilayani dengan baik.

Seluruh puskesmas melalui tenaga kesehatannya diminta mensosialisasikan secara luas program berobat gratis tersebut. Masyarakat juga perlu didorong untuk rutin memeriksakan kesehatan karena pencegahan akan jauh lebih baik dibanding mengobati. (HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru