Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selama Awal 2023 Kalteng Catat 34 Kejadian Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Januari 2023 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng mencatat selama awal tahun 2023 telah terjadi 34 kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah.

Data menunjukan selain kebakaran ada 114 titik hotspot, dengan mayoritas hotspot terjadi di Kabupaten Katingan, Sukamara, dan Kapuas.

"Di Kabupaten Kotawaringin Timur setidaknya telah terjadi 10 kejadian karhutla dengan 11 titik hotspot," ungkap Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, dalam rapat bersama Menko Polhukam Mahfud MD baru baru ini.

Edy memaparkan kesiapan dan antisipasi penanggulangan karhutla di wilayah Provinsi Kalteng dengan terus melakukan upaya-upaya pencegahan karhutla secara masif melalui deteksi dini dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Hingga saat ini karhutla dapat ditekan, meski 17 persen dari luas wilayah Kalimantan Tengah merupakan lahan gambut dan rawan terhadap karhutla," kata Wagub.

Ia melaporkan telah terjadi 382 kejadian karhutla dengan total 3.061 titik hotspot di Kalteng sepanjang 2022.

"Kejadian karhutla tertinggi terjadi di Kabupaten Barito Utara dengan 530 titik hotspot dan 193 kali kejadian. Lima kabupaten rawan karhutla antara lain: Barito Utara, Katingan, Murung Raya, Seruyan dan Lamandau," ucap Wagub. (HERMAWAN DP/R)

Berita Terbaru