Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Klenteng Harmoni Kehidupan Sambut Tahun Baru Imlek dengan Sembahyang dan Ibadah

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 22 Januari 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Klenteng Harmoni Kehidupan di Jalam MT Haryono, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) merayakan Imlek dengan sembahyang dan ibadah. 

"Malam sebelum tahun baru ini kami 24 jam membuka Klenteng, karena ritual persembahyangan itu dimulai pukul 00.00 dinihari," kata tokoh Agama Konghucu Suhardi, Minggu, 22 Januari 2023.

Ia menambahkan, setelah pergantian tahun banyak umat bersembahyang di Altar Malaikat. Para tokoh agama dan masyarakat juga akan melakukan doa bersama di rumah ibadah Altar Nabi Konghucu. Sebagai puncaknya akan ada ibadah syukur  peringatan Tahun Baru Imlek Minggu, 22 Januari 2023 pukul 19.00

"Kita mensyukuri tahun yang telah kita lewati dan berharap tahun berikutnya akan lebih baik lagi," ujarnya. 

Ia mengaku, sebetulnya pihaknya ingin mengadakan pertunjukan barongsai. Namun hanya sampai pada tahap perencanaan, karena belum siap. Suhardi berharap tahun depan akan lebih meriah.

Namun ia mensyukuri perayaan Imlek 2574 Kongzili ini tidak ada lagi pembatasan, sehingga masyarakat dapat melakukan sembahyang dan ibadah dengan khusyu dan rasa aman. 

"Kalau dulu benar-benar mencekam. Kita harus benar-benar hati-hati," ujarnya.

Suhardi menjelaskan, makna Imlek tahun ini dari majelis tinggi agama konghucu yakni teraturnya negara itu sesungguhnya berpangkal pada keberesan dalam rumah tangga. Ini adalah sebuah ayat yang terdapat di dalam salah satu kitab ajaran besar.

"Bahwa negara itu tergantung kepada keberesan daripada rumah tangga, jadi rumah tangga ini adalah miniatur sebuah negara dimana di dalam rumah tangga ada kepala begitupun di dalam negara, juga ada wakil rumah tangga dan negarapun ada wakilnya. Kalau kita dapat membereskan rumah tangga kita sendiri itu tidak banyak menyusahkan negara artinya kalau kita taat pajak mematuhi peraturan undang-undang, menjaga ketertiban lingkungan internal keluarga kita sendiri hal ini dapat membantu mengatur atau mensukseskan negara itu sendiri," jelasnya. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru