Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Komitmen Penuhi Hak Anak

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 Januari 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau berkomitmen penuhi hak anak di daerah setempat. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mendukung program advokasi percepatan Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Konvensi Hak Anak (KHA).

“Hal ini kami sebagai langkah awal membangun komitmen bersama untuk memenuhi hak anak,” ungkap Bupati Lamandau, Hendra Lesmana di Nanga Bulik. Minggu, 22 Januari 2023.

Bupati menjelaskan, peraturan daerah (Perda) terkait hak anak telah diundang-undangkan beberapa waktu lalu, hal ini juga merupakan komitmen bersama dan memberikan pemahaman kembali kepada semua pihak.

“Tentang upaya melindungi, menghormati, dan memenuhi hak-hak anak,” katanya.

Dia mengatakan, hal ini bukan hanya tugas dan fungsi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, tetapi juga merupakan tanggung jawab semua pihak.

Dikatakan Hendra, untuk meningkatkan efektivitas koordinasi di tingkat kabupaten, pihaknya berharap peran aktif perangkat daerah terkait terus meningkatkan koordinasi dalam rangka pengembangan kebijakan dan program.

Termasuk inisiatif kegiatan yang mampu mendukung percepatan perwujudan KLA, sehingga apa yang diharapkan bersama untuk menciptakan sumber daya manusia unggul di masa depan dapat tercapai.

“Karena anak tidak bisa dipisahkan dari keberlangsungan hidup bagi sebuah bangsa dan negara. Maka dari itu anak harus mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial,” tutur Bupati.

Dia menjelaskan, anak adalah investasi di masa yang akan datang, maka menjadi kewajiban bersama melindungi mereka dan menjadikannya lebih berkualitas, sehingga mereka akan menjadi modal pembangunan.

“Untuk itu peran seluruh pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha harus bersama bahu-membahu mewujudkannya,” pungkas Hendra. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru