Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Diharapkan Tingkatkan Budidaya Tanaman Pangan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Januari 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Lurikto mengungkapkan bahwa Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas berharap petani meningkatkan budidaya tanaman pangan untuk membantu menekan inflasi.

Harapan tersebut disampaikan bupati saat menghadiri panen jagung pada Kelompok Tani Suka Maju di Desa Malintut Kecamatan Raren Batuah beberapa hari lalu.

Pada kesempatan tersebut, selain mengapresiasi petani di Desa Malintut yang telah mengembangkan budidaya jagung, bupati juga menyampaikan hasil pertemuan dengan Presiden Joko Widodo terkait pengendalian inflasi.

"Bupati mengatakan salah satu yang menunjang inflasi adalah bahan pangan. Karena itu Bupati berharap masyarakat tani lebih konsentrasi mengembangkan budidaya jagung, padi dan palawija lainya serta budidaya ayam petelur dan ayam pedaging, karen usaha ini dianggap salah satu yang dapat membantu menekan inflasi," ujarnya, Minggu, 22 Januari 2023.

Lurikto menjelaskan, ketika dilakukan pengubinan saat panen jagung di Desa Malintut, diperkirakan setiap hektare lahan dapat menghasilkan panen 12 ton jagung tongkol.

Adapun luas tanam jagung di Kecamatan Raren Batuah pada musim tanam Oktober-Maret yaitu 85 hektare, sedangkan luas tanam total untuk Barito Timur yakni 368 hektare.

Lurikto juga berharap luas tanam jagung dapat terus ditingkatkan sambil mencoba menggarap potensi pengembangan tanaman kedelai di samping padi.

"Karena itu saya mengimbau kepada seluruh penyuluh pertanian untuk lebih giat lagi mendampingi petani sehingga dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi petani dan membantu menemukan solusinya," ucapnya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru