Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Diprediksi Aman Karhutla, Ini Penyebabnya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Januari 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wilayah Kabupaten Katingan saat ini dilaporkan aman dari kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Markus, Senin, 23 Januari 2023 membenarkan jika saat ini daerah tersebut bisa dibilang aman dari karhutla.

Ia menuturkan adanya hujan yang mngguyur di sejumlah wilayah di daerahnya sejak beberapa hari ini dinilai menjadi faktor utama menangkal terjadinya karhutla. Berdasarkan laporan harian cuaca dan urusan kebencanaan Katingan hari ini, prakiraan cuaca di 13 wilayah kecamatan di akan trrjadi hujan ringan siang hingga malam nanti.

Ke 13 kecamatan tersebut, yakni Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang, Tasik Payawan dan Katingan Hilir. Kemudian Tewang Sanggalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit, Petak Malai, Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya.

Sementara untuk pantauan titik hotspot baik dari satelit Terra/Aqua Lapan, SNPP, NOAA20 dan satelit LANDSAT 8 hasilnya seluruh wilayah kecamatan tersebut juga dilaporkan nihil titik panas atau hotspot.

Meski saat ini tergolong aman terjadinya karhutla, namun Markus tetap mengimbau kepada masyatakat agar tidak membakar lahan secara sembarangan, sebab saat ini cuaca sering berubah ubah. (ABDUL GOFUR/H)

Berita Terbaru