Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Lamandau: Terus Tingkatkan Literasi Digital

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Januari 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, terus mendorong peningkatan literasi digital kepada masyarakat, terutama bagi generasi muda. Dengan begitu masyarakat mampu memfilter informasi dan memanfaatkan teknologi sesuai kebutuhan.

“Penanaman literasi digital ini penting dilakukan kepada masyarakat, khususnya kepada generasi muda,” kata Wabup Riko di Nanga Bulik, Selasa, 24 Januari 2023.

Menurutnya, dengan menanamkan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya, maka pola bermedia digital dapat menjunjung etika serta tata krama.

“Jadi, tidak ada hoax (berita bohong) maupun ujaran kebencian yang terjadi. Karena literasi digital ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, pelajar serta mahasiswa,” ucap Riko.

Dikatakan Wabup, saat ini media sosial menjadi sebuah kebutuhan dan menjadi salah satu ruang berinteraksi antar sesama, sehingga munculnya hoax dan ujaran kebencian ini perlu dilawan secara bersama-sama.

Cara melawan hoax dan ujaran kebencian tersebut, kata dia, para pengguna media sosial harus mengerti apa itu literasi digital dan batasan mana saja yang boleh atau tidak untuk dipublikasikan ke khalayak ramai, serta pentingnya etika atau tata krama dalam ruang digital itu sendiri.

“Untuk bisa melawan hoax dan ujaran kebencian ini perlu pemahaman dalam berliterasi media. Apa yang boleh di share dan batasan mana yang tidak boleh, ibaratnya saring dulu sebelum sharing,” katanya.

Dalam memberikan pemahaman serta penanaman pentingnya literasi digital bagi para pelajar, perlu adanya dukungan dari instansi terkait.

“Untuk memberikan pemahaman bagi pelajar perlu adanya sosialisasi yang dilakukan, baik itu oleh instansi terkait ataupun oleh dewan guru yang berada di sekolah,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru