Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bauran Kebijakan Bank Indonesia Berfokus Pada Penguatan Pemulihan Ekonomi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 24 Januari 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menimbang kondisi perekonomian saat ini dan kedepan pasca pandemi Covid-19, bauran kebijakan Bank Indonesia akan difokuskan terus untuk memperkuat ketahanan serta pemulihan perekonomian.

"Bauran kebijakan Bank Indonesia akan difokuskan terus untuk memperkuat ketahanan serta pemulihan perekonomian, yakni kebijakan moneter diarahkan pro-stability, serta kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar keuangan, dan ekonomi keuangan inklusif dan hijau diarahkan pro-growth," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins kepada Borneonews pada Selasa, 24 Januari 2023.

Salah satu potensi sumber pertumbuhan ekonomi baru Kalteng, lanjut Yura, ialah melalui hilirisasi.

"Sejauh ini, perekonomian Kalimantan Tengah masih bergantung pada brown economy seperti industri kelapa sawit dan batu bara," katanya lagi.

Sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, percepatan hilirisasi batu bara dapat menjadi solusi utama mewujudkan dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Kalimantan yang berkelanjutan di tengah turunnya permintaan batu bara.

"Kalimantan Tengah sudah mulai menerapkan carbon trading sebagai potensi sumber pertumbuhan tanpa harus merusak hutan," katanya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru