Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Agama Usulkan Kenaikan Biaya Haji, Ini Kata Kepala Kemenag Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Januari 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kementerian Agama Republik Indonesia mengusulkan rencana biaya perjalan ibadah haji (Bipih) yang harus dibayarkan oleh calon jemaah haji sebesar 69 juta atau mengalami kenaikan.

Terkait itu, menurut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas Hamidhan mengatakan, kenaikan biaya perjalanan ibadah haji sulit dihindari jika pembandingnya dengan acuan biaya tahun sebelumnya.

Maka perlu adanya penyesuaian biaya dengan kondisi terkini hal itu dikarenakan biaya angkutan udara juga naik, hotel, pemondokan, transportasi darat, katering, obat-obatan, alat kesehatan dan sebagainya, belum lagi pengaruh inflasi, sehingga biaya haji mesti beradaptasi atas situasi tersebut.

“Rancangan Bipih yang diusulkan Kementerian Agama merupakan upaya rasionalisasi untuk keberlangsungan dan kesehatan keuangan," katanya, Selasa, 24 Januari 2023.

Perhitungan yang dilakukan pemerintah sudah dilakukan secara mendalam yang betul-betul memperhatikan kelancaran keberangkatan jemaah haji di tahun-tahun berikutnya.

Meski demikian, lanjut dia Kementerian Agama memastikan kualitas pelayanan tetap menjadi prioritas utama, pemerintah pastinya sudah mempertimbangkan dengan sangat matang dan tentunya demi kemaslahatan bersama.

“Untuk itu saya mengimbau kepada jemaah haji Kabupaten Kapuas benar-benar mempersiapkan diri ketika terpanggil, persiapan dilakukan tidak hanya dari segi fisik dan kesehatan akan tetapi juga yang lainnya diperlukan," ucapnya.

Dijelaskannya juga ini baru usulan, pihaknya mengharapkan jamaah haji Kapuas sabar menunggu kepastian pelunasan biaya perjalanan ibadah haji ini, terus pantau seputar informasi resmi yang dikeluarkan lembaga berwenang.

"Jangan percaya hoax atau isu-isu yang menyebar tanpa sumber yang jelas dan kebenarannya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru