Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Vaksin 2 Kali Setahun untuk Cegah Penyebaran Rabies

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Januari 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Mencegah penyebaran rabies, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distakan) Kabupaten Lamandau, Tiryan Kuderon meminta agar hewan peliharaan yang dimiliki masyarakat disuntik vaksin minimal dua kali dalam setahun.

“Untuk mencegah penularan penyakit rabies dari hewan kepada manusia,” kata Tiryan di Nanga Bulik. Selasa, 24 Januari 2023.

Kadis menjelaskan hewan peliharaan milik warga tersebut paling tidak dalam satu tahun mendapatkan suntik vaksin rabies sebanyak dua kali, dan pemberian vaksin tersebut gratis.

“Kami mengimbau warga Kabupaten Lamandau yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing, kucing dan kera agar disuntik vaksin rabies,” pintanya.

Tidak hanya itu, dia juga menjelaskan untuk mengurangi risiko penyebaran rabies, pihaknya mengimbau agar para pemilik hewan peliharaan pro aktif dengan mendatangi petugas yang melakukan vaksinasi di wilayah masing-masing.

“Untuk pelayanan suntik vaksin rabies bisa juga langsung membawa hewan peliharaan ke kantor kami,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, warga pemilik hewan peliharaan juga bisa memanggil petugas kami ke rumah. Seperti yang diketahui, virus rabies dapat berpindah ketika seseorang tergigit oleh hewan yang telah terinfeksi virus tersebut sebelumnya.

Dia mengatakan, pada awalnya, penyakit rabies mungkin tidak menunjukkan gejala parah, namun jika terus dibiarkan, penyakit Zoonosis (berasal dari hewan) akibat infeksi Lyssavirus itu berisiko menyebabkan kematian. "Infeksi virus ini menyerang sistem saraf manusia yang kemudian berpindah ke otak,” bebernya.

Meskipun pada awalnya rabies tidak langsung memunculkan gejala, penyakit ini hampir selalu menimbulkan akibat fatal setelah gejalanya muncul. Itu sebabnya, setiap tahun hewan peliharaan, misalnya seperti anjing dalam satu tahun mendapat dua kali suntik vaksin. (HENDI NURFALAH/R)

Berita Terbaru