Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Dorong Petani Manfaatkan Lahan Secara Terpadu

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Januari 2023 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana meminta para petani lebih mengoptimalkan pemanfaatan lahan agar hasil usaha tani dapat meningkat.

Jika hasil usaha tani meningkat, maka perekonomian keluarga juga akan semakin baik. Hal itu disampaikannya saat acara panen bawang merah bersama warga di Kecamatan Sematu Jaya. Selasa, 24 Januari 2023.

“Pemanfaatan lahan hendaknya dilakukan secara terpadu, dengan upaya memanfaatkan keterkaitan antara tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, hewan ternak dan perikanan,” sebutnya.

Dia menyebut, dengan pemanfaatan lahan secara terpadu maka akan didapat agro ekosistem yang mendukung produksi pertanian, peningkatan ekonomi dan sekaligus pelestarian sumber daya alam.

Orang nomor satu di Kabupaten Berjuluk Bahaum Bakuba itu juga berharap, petani setempat penerapkan teknologi pertanian menggunakan alat mesin pertanian, pupuk berkualitas, serta benih unggul yang memiliki produktivitas tinggi.

Komoditas yang dikembangkan, kata Bupati, adalah jagung hibrida dan bawang merah varietas unggul. Untuk mendukung usaha pertanian, Pemkab setempat juga memberikan beragam bantuan berupa sarana produksi seperti benih, pupuk, obat-obatan, dan herbisida.

“Dengan bantuan tersebut maka diharap meningkatkan hasil produksi, guna peningkatan kesejahteraan petani. Bantuan tersebut juga sekaligus untuk memberi semangat dan menumbuhkan minat dalam usaha pertanian,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/R)

Berita Terbaru