Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota PPS se-Barito Selatan Dilantik

  • Oleh Uriutu
  • 25 Januari 2023 - 10:15 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Ketua KPU Barsel, Bahruddin melantik dan mengambil sumpah/janji 279 anggota Panitia Pemungutan Suara atau PPS se-Kabupaten Barsel. Pelantikan berlangsung di GPU Jaro Pirarahan, Senin malam, 24 Januari 2023.

“Kita telah melantik anggota PPS dari 86 Desa dan 7 Kelurahan. Setiap desa terpilih 3 orang. Jadi total anggota PPS se-Barito Selatan berjumlah 279 orang,” kata Ketua KPU Barsel, Bahruddin.

Ia mengatakan, pelantikan anggota PPK ini dilakukan serentak secara nasional artinya seluruh desa dan kelurahan se-Indonesia pada 24 Januari 2023. Hanya saja, waktu dan jam yang berbeda. Ini, lanjut dia, untuk pertama kalinya melakukan pelantikan semuanya. Biasanya dilakukan per Kecamatan.

“Dengan telah dilantiknya anggota PPS ini bisa membantu proses pelaksanaan tahapan Pemilu. Karena pada tanggal 26 Januari 2023 tahapan yang kita laksanakan perekrutan pantarlih sesuai dengan jumlah TPS sebanyak 445 untuk melakukan coklit,” beber dia.

Ia menyampaikan pekerjaan berat telah menunggu, sementara PPS masih belum memiliki sekretariat di masing-masing desa dan kelurahan.

“Tapi kita bersyukur karena Pemkab dalam hal ini Pj Bupati telah mengintruksi agar sekretariat di kantor Desa segera dilaksanakan,” ucap dia.

Ia membeberkan, pada 26 Januari 2023, pihaknya melakukan pendaftaran perekrutan pantarlih 6 Febuari sudah terbentuk. Karena, sambung dia, Coklit dilaksanakan mulai dilaksanakan 12 Febuari 2023 sampai 14 Febuari.

“Kemudian tanggal 16 Febuari 2023 kita juga melaksanakan verifikasi faktual terhadap dukungan keanggotaan DPD Kabupaten. Jadi kami kejar-kejaran dengan waktu untuk melakukan beberapa tahapan pemilu,” kata dia.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Pj Bupati Barsel, Lisda Arriyana, semua Camat, sejumlah kepala SOPD dan Forkopimda. (URIUTU DJAPER/Y)

Berita Terbaru