Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Menjadi Sarana Membangun Pendidikan Karekter

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 25 Januari 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyebut bahwa pendidikan karakter merupakan sektor pembangunan yang paling penting, karena sangat berpengaruh langsung terhadap mutu dan kualitas sumber daya manusia di masa depan.

“Sekolah masih menjadi salah satu sarana membangun pendidikan karekter, khususnya bagi peserta didik,” ucap Hendra di Nanga Bulik. Rabu, 25 Januari 2023.

Pendidikan juga merupakan penentu bagi seseorang ketika ingin mewujudkan cita-citanya, dan tugas orang tua, guru, pemerintah dan semua pihak agar anak bisa melalui dunia pendidikan dengan baik yang berdampak bagi masa depan mereka nanti.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamandau Abdul Kohar mengatakan, pihaknya sudah dua tahun berjalan menjalankan kurikulum merdeka yang mana tujuannya sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidik dan pendidikan.

“Seorang guru itu memang dituntut menjadi panutan di sekolah. Dia tidak hanya bertugas untuk mengajar, tetapi juga dituntut mampu dan lebih peka untuk memahami kondisi permasalahan siswanya,” katanya.

Menurut dia, dalam kurikulum itu para guru diingatkan jangan terburu-buru menilai seorang siswa yang mungkin bermasalah di sekolah, sebelum mengerti dengan kondisi yang sebenarnya.

“Kurikulum Merdeka ini sangat baik dalam mendekatkan emosional seorang guru dengan muridnya, sehingga belajar mengajar akan terasa menyenangkan, bukan menjadi beban,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru