Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Upayakan Target Zero Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Januari 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemkab Sukamara terus berupaya agar target kabupaten zero stunting bisa tercapai. Salah satunya yang dilakukan adalah dengan memperkuat penggunaan lima pilar. 

"Untuk penanganan starting di Kabupaten Sukamara kita sudah melakukan secara kolaboratif, berkolaborasi bersama perangkat daerah terkait dan alhamdulillah ini sudah tergambar hasil rilis kita hari ini," kata Kepala Dinkes Sukamara, Ari Junita, Rabu, 25 Januari 2023.

Hari ini pihaknya melakukan publikasi kasus stunting, dimana data publikasi pihaknya ambil dari Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat atau EPPGBM.

"Publikasi ini datanya kita ambil bersumber dari EPPGBM yang memang berdasarkan real data, real time. Jadi ini memang kasusnya betul-betul ada, dan balitanya jelas ada di mana posisinya di mana," ujarnya.

Ari melanjutkan, pravelensi stunting baik dari BPGM dan SSGI mengalami penurunan, dimana SSGI pada tahun 2021 berada di 24,6.persen dan mengalami penurunan 21,8 persen, sehingga terkorelasi kedata yang ada di EPPGBM. 

"Kami berusaha lagi untuk menurunkan pravelensi ini dengan beberapa teknis kerja, dan tadi sudah disampaikan dan diperkuat oleh wakil bupati selaku ketua satgas penanganan stunting," ucapnya.

"Jadi ada berapa hal lagi yang perlu dikuatkan lagi agar target kita di zero stunting di Kabupaten Sukamara bisa tercapai. Penguatan kita, kita tetap menggunakan lima pilar, dimana juga terdiri dari perangkat daerah," pungkas Ari Junita. (NORHASANAH/R)

Berita Terbaru