Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dugaan Siswi Hamil Dikeluarkan Sekolah Tuai Polemik

  • 23 Februari 2016 - 20:38 WIB

KEBIJAKAN SMKN 1 Bulik yang disebutkan mengeluarkan enam siswanya dari sekolah atas dugaan melakukan tindakan tercela yakni menghamili dan hamil di luar nikah menuai polemik.

Hal tersebut dinilai melanggar hak anak untuk mendapat pendidikan sebagaimana yang disampaikan Ketua Forum Masyarakat Untuk Keadilan (Formalik), Ahmad Pebriandi, Senin (22/2).

'Jika memang benar dikeluarkan atau bahasa mereka dikembalikan ke orang tua maka kami menyesalkan kebijakan tersebut. Hal tersebut bertentangan dengan undang-undang perlindungan anak nomor 39 tahun 2014 khususnya pasal 9,' tegas Ahmad Pebriandi.

Pihaknya berharap agar sekolah dan dinas pendidikan dapat memulihkan hak para siswa tersebut untuk mendapatkan pendidikan hingga menyelesaikannya.

'Dengan dikeluarkannya para siswa tersebut sama saja merampas masa depannya, tindakan ini sangat keliru dan diskriminatif,' sebutnya.

Lulusan S2 Jurusan Hukum Universitas Indonesia (UI) Jakarta itu juga mengimbau agar pihak sekolah dan dinas pendidikan agar taat pada aturan yang lebih tinggi,  jangan sampai membuat aturan tapi tidak mengacu pada UU Perlidungan Anak.

Karena, tindakan mengeluarkan siswa dari sekolah sangat sewenang-wenang dan merugikan hak setiap orang untuk mendapatkan pendidikan.(HN/B-11)

Berita Terbaru