Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Prihatin Terkait Pernikahan Dini dan Perceraian

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 26 Januari 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor menyampaikan prihatinnya terhadap fenomena kehamilan di luar nikah dan tingginya perceraian di Kotawaringin Timur. Kedua hal tersebut dianggap menjadi dalang menurunnya kemampuan sumber daya manusia dan daya saing masyarakat.

"Akhir-akhir ini terjadi fenomena banyaknya kehamilan di luar nikah dan permintaan dispensasi menikah dini di beberapa daerah, serta tingginya perceraian di Kabupaten Kotawaringin Timur," ujarnya, Kamis, 26 Januari 2023.

Dia menuturkan, kehamilan usia dini menyebabkan ketidaksiapan secara fisik maupun psikis seorang perempuan. Hal ini pun akan berdampak pada kesiapan mental dalam merawat dan mengasuh anaknya. Tidak jarang anak yang dilahirkan meninggal atau mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan, termasuk stunting.

Perceraian pun tak kalah memberikan dampak yang buruk kepada anak. Peristiwa ini tentu menyebabkan kurangnya perhatian dan pengawasan terhadap anak. Pergaulan bebas, penyimpangan seksual dan penyalahgunaan narkoba menjadi pelampiasan seorang anak korban perceraian.

Bupati minta kepada semua pihak untuk turut memberikan perhatian terhadap fenomena ini. Semua komponen masyarakat agar berperan aktif memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk melakukan bimbingan dan pendampingan yang baik kepada anak dan atau keluarganya.

"Guru di sekolah, diharapkan tidak hanya fokus terhadap sisi akademis atau intelektual saja, tetapi juga sisi sosial dan pergaulan peserta didiknya agar juga menjadi perhatian yang serius," ujarnya. (DEWI PATMALASARI/Y) 

Berita Terbaru