Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SDA Kalteng Diharapkan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Januari 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran meminta agar sumber daya alam atau SDA melimpah yang dimiliki provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai ini harus mampu mendorong kinerja pertumbuhan ekonomi daerahnya.

"Ekonomi Indonesia pada tahun 2020 masuk masa resesi dimana pertumbuhan ekonominya terkontraksi tiga triwulan berturut-turut. Demikian juga ekonomi Kalimantan Tengah. Dengan SDA kita yang melimpah harusnya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kita," kata Sugianto Sabran baru-baru ini.

Momentum pertumbuhan yang baik ini menurut Gubernur harus dapat dijaga dan dipertahankan bersama.
"Ciptakan kondisi yang kondusif, bekerjasama, bahu membahu membangun ketahanan ekonomi yang kuat dan inklusif dengan pengelolaan baik berbagai sumber daya alam yang melimpah di berbagai sektor, baik di sektor kehutanan, pertanian, perkebunan, pertambangan dan sebagainya," katanya.

Sehingga, lanjut Gubernur, melalui pengelolaan potensi tersebut, akan mampu mendorong kinerja pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah yang lebih baik dan berkelanjutan.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins. Menurut Yura, salah satu potensi sumber pertumbuhan ekonomi baru Kalteng, lanjut Yura, ialah melalui hilirisasi.

"Sejauh ini, perekonomian Kalimantan Tengah masih bergantung pada brown economy seperti industri kelapa sawit dan batu bara," katanya pada Kamis, 26 Januari 2023.

Sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, percepatan hilirisasi batu bara dapat menjadi solusi utama mewujudkan dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Kalimantan yang berkelanjutan di tengah turunnya permintaan batu bara.

"Kalimantan Tengah sudah mulai menerapkan carbon trading sebagai potensi sumber pertumbuhan tanpa harus merusak hutan," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru