Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusahaan Sawit Harus Aktifkan Menara Pantau dan Siapkan Embung untuk Cegah Karhutla

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Januari 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela mengingatkan perusahaan perkebunan sawit agar mengaktifkan kembali menara pantau dan membuat embung di sekitar lahan, untuk memudahkan pemadaman api jika terjadi kebakaran di lahan milik perusahaan.

Pesan tersebut disampaikan Kapolres saat diwawancarai usai apel gelar personel dan sarpras dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, Kamis, 26 Januari 2023.

"Sebelumnya kami juga sudah mengimbau dan menyampaikan agar mereka (perusahaan perkebunan sawit) lebih siap, jangan sampai ditunggu (kebakaran) membesar dulu," ucapnya.

Selain itu Kapolres telah meminta memerintahkan para Kapolsek dan bhabinkamtibmas agar membuat spanduk maupun selebaran untuk dipasang atau ditempelkan di wilayah yang rawan karhutla.

"Ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat kita bahwa saat ini kita sudah memasuki rawan karhutla," jelasnya.

Dia berharap dengan imbauan tersebut serta koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah, TNI, tokoh masyarakat, perusahaan dan relawan, dapat meminimalisir terjadinya karhutla di Barito Timur.

"Kabupaten Barito Timur memiliki luas wilayah sekitar 3.835,62 kilometer persegi. Dari dan luas wilayah ini ada sekitar 1.681 kilometer persegi yang berpotensi rawan karhutla, ini harus kita kelola sehingga titik rawan karthula tersebut bisa dikendalikan dan tanggulangi bersama," kata Kapolres. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru